Bookmark and Share

Realisasi ekspor aneka barang koleksi, karya seni dan barang antik keluaran Bali mencapai US$1,2 juta selama empat bulan pertama 2009.

Kasubdin Perdagangan Luar Negeri Disperindag Bali, Kusumawathi Rabu (5/8) membenarkan realisasi ekspor lukisan hasil perupa pulau Dewata semakin gencar memasuki pasar ekspor karena mampu memenuhi selera konsumen.

Perolehan devisa khusus dari perdagangan aneka barang lukisan Bali bertambah hingga 22,5% dalam periode empat bulan pertama 2009. Kondisi ini diharapkan akan terus bertambah besar, katanya.

Sementara itu, Wayan Sudiarsa, pelukis sekaligus eksportir aneka barang jenis antik di Ubud, mengatakan, realisasi perdagangan aneka barang lukisan hasil goresan di atas kanvas perupa Bali makin gencar memasuki pasar ekspor.

Para perupa kreatif di daerah ini makin gencar melakukan pameran di berbagai galeri baik yang ada di kawasan wisata Ubud, 25 km utara Denpasar, lokasi wisata Sanur dan Nusa dua maupun di Denpasar sendiri.

Hasil kreatif para perupa muda tadi di samping untuk memperkenalkan hasil karya seniman Bali kepada dunia luar baik itu wisatawan dalam maupun yang datang dari mancanegara juga untuk diperdagangkan.

Para kolektor mancanegara sering datang ke Bali, kata Sudiarsa, bahkan ada pengusaha asal Eropa yang menetap di Bali khusus untuk memilih barang-barang seni seperti lukisan untuk di jual kembali di negerinya.

Lukisan Bali dengan berbagai ukuran dan jenis banyak diterbangkan ke Eropa, Amerika serikat, Jepang maupun Australia. “Pernah lukisan yang menggambarkan kegiatan Budha berukuran besar ke Jepang,” kata dia.

Lukisan berukuran besar yang dibuat seorang seniman di Ubud selama satu tahun itu merupakan pesanan khusus untuk dikoleksi dan ditempatkan di ruang yang dianggap suci bagi masyarakat setempat

Tags: , ,

Leave a Reply

You can use these tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>