Bookmark and Share

Realisasi ekspor aneka barang kerajinan dan komoditas nonmigas Bali lainnya ke China, Hong Kong dan Taiwan meningkat terus meski terjadi krisis ekonomi global.

Realisasi perdagangan luar negeri Bali tetap mengalir ke China, Hong Kong dan Taiwan, kata Kasubdin Perdagangan Luar Negeri Dinas Perindustrian dan Perdagangan setempat, Ni Wayan Kusumawathi di Denpasar, Rabu (5/8).

Aneka ragam barang kerajinan buatan tangan-tangan terampil masyarakat Bali, hasil perikanan dan perkebunan rakyat yang dikapalkan ke ketiga wilayah itu menghasilkan devisa US$7,2 juta selama Januari-Mei 2009.

Hasil ekspor tersebut meningkat jika dibandingkan dengan periode yang sama pada 2008 yang hanya mencapai US$6 juta. Ini peningkatan yang cukup signifikan jika dibandingkan negara lainnya di mancanegara.

Kusumawathi mengatakan, ekspor untuk memenuhi permintaan konsumen Taiwan naik paling besar di antara tiga wilayah itu yakni 20% dari bernilai US$2,8 juta menjadi US$3,4 juta pada Januari-Mei 2009.

Menyusul perdagangan luar negeri ke Hong Kong, naik 14,49% dari bernilai US$2,3 juta menjadi US$2,6 juta pada lima bulan pertama 2009. Sedangkan ke China hanya US$1,5 juta pada Januari-Mei 2009 dari sebelumnya hanya US$875 ribu.

Ekspor ke ketiga wilayah di Asia ini cukup menggembirakan, jika dibandingkan ke negara-negara maju lainnya seperti Amerika serikat dan Uni Eropa yang hampir rata-rata berkurang karena mereka mengurangi impor akibat krisis ekonomi global.

Ia mengungkapkan, AS, negara adidaya yang menjadi tujuan utama ekspor Bali selama ini hanya membeli aneka barang kerajinan dan hasil perikanan seharga US$38,1 juta selama lima bulan pertama 2009.

Hasil pembelian itu berkurang 13% jika dibandingkan periode sama 2008 mencapai US$43,9 juta. Ekspor ke Eropa berkurang 21,6% dari bernilai US$88 juta menjadi hanya US$68,9 juta pada Januari-Mei 2009.

Kusumawathi mengatakan, barang industri kecil dan kerajinan Bali sudah memasuki pasaran di 79 negara di dunia menghasilkan devisa sebanyak US$187 juta pada lima bulan I-2009, atau berkurang 20% jika dibandingkan periode sama 2008 mencapai US$233,9 juta

Tags: , ,

Leave a Reply

You can use these tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>