Bookmark and Share

Semakin banyak pengelola hotel dan pengusaha di Bali yang menyatakan keinginan berperan serta mengatasi masalah kemiskinan dengan menyisihkan sebagian kecil keuntungannya.

“Keinginannya itu muncul setelah adanya seorang pengusaha hotel berbintang di kawasan Jimbaran, Badung yang membangun 34 unit rumah untuk masyarakat miskin di Banjar Pucang, Kabupaten Karangasem,” kata Kepala Dinas Sosial Provinsi Bali Nyoman Puasha Aryana, Minggu (13/09).

Ia mengatakan di Denpasar, munculnya kesadaran pengusaha untuk membangun rumah layak huni yang nantinya disumbangkan kepada masyarakat miskin di Bali akan dikoordinasikan lebih lanjut.

“Koordinasi yang melibatkan pemilik hotel, pengusaha, BUMN dan BUMD itu akan dilakukan 16 Oktober mendatang,” kata Nyoman Puasha Aryana yang mengkoordinasikan pengusaha dalam program bedah rumah bagi masyarakat miskin.

Ia menjelaskan, lewat koordinasi tersebut akan diperoleh kepastian seorang pengusaha mampu membangun rumah sebanyak berapa, di mana dan untuk berapa masyarakat kurang mampu.

Hal itu dilakukan sebagai upaya mempercepat pengentasan penyandang masalah kemiskinan di Pulau Bali.

Direktur Kelembagaan Komunikasi sosial Depkominfo, James Pardede dalam kesempatan terpisah menilai, upaya Pemprov Bali merangkul pengusaha dan kalangan pengelola hotel dalam mengatasi masalah kemiskinan merupakan sebuah terobosan.

Terobosan dalam memperbaiki tingkat kesejahteraan masyarakat, sekaligus mengentaskan penyandang masalah kemiskinan perlu lebih dimantapkan dengan merangkul peran serta semua pihak.

Upaya yang dilakukan Bali dalam mengentaskan penyandang kemiskinan itu bisa ditiru oleh daerah lainnya di Indonesia.

Kerja sama dan keterpaduan semua pihak akan mampu memberikan hasil yang maksimal dalam meningkatkan taraf hidup masyarakat, ujarnya.

Gubernur Bali Made Mangku Pastika menerima permohonan bantuan 850 unit rumah dari masyarakat miskin di delapan kabupaten dan satu kota di Pulau Dewata.

Permintaan masyarakat itu disampaikan saat berlangsungnya “simakrama”, pertemuan dengan elemen masyarakat secara berkesinambungan setiap bulan dari satu kabupaten ke kabupaten lainnya.

Dinas Sosial Provinsi Bali selama dua tahun terakhir telah berhasil membangun 493 unit rumah, yang bersumber dari berbagai mata anggaran

Tags: , , , ,

Leave a Reply

You can use these tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>