Bookmark and Share

Sekitar Rp1,4 triliun dari total Rp1,9 triliun dana Program Kemitraan dan Bina Lingkungan (PKBL) milik Badan Usaha Milik Negara (BUMN), terserap untuk membantu usaha kecil dan menengah (UKM) yang menjadi mitra binaan BUMN.

Hal itu diungkapkan Staf Ahli Menteri Negara BUMN bidang Kemitraan dan Usaha Kecil, Gumilang Hardjokusumo kepada wartawan usai pembukaan PKBL BUMN Expo 2009 di Surabaya, Rabu (9/12).

“Kami memang mendorong BUMN-BUMN agar dana PKBL yang dimiliki lebih banyak dialokasikan untuk sektor UKM dengan menggandengnya sebagai mitra binaan,” katanya.

Menurut Gumilang, jumlah UKM yang menjadi mitra binaan dari 142 BUMN mencapai lebih dari 620 ribu unit yang tersebar di seluruh Indonesia dengan beragam usaha.

“Setiap tahun ada penambahan sekitar 50 ribu mitra binaan baru BUMN. Ini juga salah satu upaya membantu sektor riil untuk terus berkembang,” ujarnya.

Ia mengatakan jumlah dana PKBL yang terkumpul tahun ini jauh lebih besar dibanding 2008 yang masih sekitar Rp1,3 triliun. “Kami harapkan tahun 2010 bisa naik sekitar 10%,” tambahnya.

Gumilang juga setuju dengan usulan sejumlah daerah agar penyaluran dana PKBL tersebut bisa melibatkan pemerintah provinsi atau kabupaten/kota, sehingga lebih tepat sasaran.

“Saya kira itu usulan yang bagus dan perlu ditindaklanjuti, tapi penyaluran dananya tetap menjadi kewenangan BUMN. Pemerintah daerah bisa mengusulkan calon mitra binaan yang akan digandeng,” ujarnya.

Sebelumnya, Direktur Utama PT Semen Gresik Tbk, Dwi Soetjipto, saat pemberian UKM Award 2009, Selasa (8/12) malam, mengatakan UKM menjadi salah satu pendukung ekonomi nasional yang paling tahan terhadap krisis karena tidak banyak memiliki tanggungan kredit di perbankan.

“Karena itu, sudah sewajarnya kalau dana PKBL yang disisihkan dari laba BUMN, dimanfaatkan untuk membantu sektor UKM,”

Sementara itu, kegiatan PKBL BUMN Expo yang berlangsung hingga Minggu (13/12), diikuti sekitar 120 UKM yang menjadi mitra binaan BUMN, terutama di wilayah Jawa Timur.

Tags: , ,

Leave a Reply

You can use these tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>