Bookmark and Share

Standar Chartered Bank (SCB) mendukung sepenuhnya upaya pemerintah Indonesia mengembangkan Usaha, Kecil dan Menengah (UKM) mengingat prospeknya cukup menjanjikan.

Berdasarkan hasil survei terdapat sekitar 180.000 UKM yang sehat dan menghasilkan laba dan merupakan pasar potensial bagi SCB, kata Kepala Konsumer Banking (Head of Consumer Banking), SCB, Fred Saarlos yang didampingi oleh General Manager Wealth Management SCB, Darmadi Sutanto di Jakarta, Jumat (28/1).

Dikatakannya, untuk mengembangkan usaha kecil dan menengah, SCB meluuncurkan Kredit Tanpa Agunan (KTA) dengan pagu kredit antara Rp150 juta sampai Rp300 juta dengan jangka waktu pengembalian satu sampai tiga tahun dengan tingkat suku bunga antara 1,42% sampai 1,58% per bulan.

Persyaratan untuk mendapat fasilitas KTA antara lain perusahaan yang sudah berdiri tiga tahun, dimiliki oleh Warga Negara Indonesia (WNI) dan memiliki izin usaha yang sah. Pada tahun 2007 CSB menetapkan target menjaring 8.200 nasabah tersebar di seluruh Indonesia, katanya.

SCB mentargetkan program KTA pada tahun 2005 sebesar Rp2 triliun untuk mendorong UKM, karena bisnis UKM prospeknya cukup cerah.

Produk yang ditawarkan SCB disamping KTA juga deposito berjangka, kredit investasi, kredit perdagangan dan kredit dengan jaminan uang atau properti kepada pengusaha UKM.

Fred Saarlos, optimis dengan pertumbuhan ekonomi Indonesia di masa mendatang dan pihaknya merasa bangga dapat membantu pengembangan usaha kecil dan menengah. Standard Chartered Bank merupakan bank asing pertama yang memfokuskan dirinya di sektor UKM, tuturnya.

SCB saat ini salah satu bank yang memiliki staf yang berpengalaman di bidang pemasaran dan kredit di sektor UKM. Kami mengadopsi best banking practices dari negara tempat operasi SCB yang memiliki prestasi tinggi dan meramunya dengan karakteristik lingkungan bisnis di Indonesia, kata Fred Saarlos.

SCB dewasa ini mempunyai 30.000 karyawan yang tersebar di lebih dari 500 lokasi, lebih dari 50 negara di kawasan Asia Pasifik, Asia Selatan, Timur Tengah, Afrika, Inggris dan Amerika Serikat.

Sebagai salah satu bank internasional yang terkemuka di dunia, Standard Chartered Bank memiliki tim manajemen yang terdiri dari 70 kebangsaan, SCB melayani consumer dan wholesale banking customers.

SCB salah satu bank terbesar dan tertua di dunia mulai berdiri di Indonesia sejak tahun 1863, saat ini SCB memiliki 12 kantor cabang d lima kota utama di Indonesia dengan memiliki karyawan sekitar 1.000 orang dan melayani lebih dari 100.000 nasabah. 

Tags: , , ,

Leave a Reply

You can use these tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>