Bookmark and Share

Kain Songket (hasil tenunan tradisional Bali), bersama aneka barang kerajinan cendramata buatan masyarakat pulau Dewata kini ikut dipajang dalam suatu pameran akbar di Tokyo-Jepang.
Kain tradisional asli Bali buatan perajin Klungkung tampaknya akan memiliki daya tarik tersendiri terhadap masyarakat Jepang, kata Kasubag Perdagangan Luar Negeri Disperindag Bali, Ni Wayan Kusumawathi, di Denpasar Selasa.
Songket, hasil kerajinan tradisional sejenis sebelumnya sempat pula dipamerkan di Shanghai China dengan harapan mendapat tanggapan positif dari masyarakat setempat, karena peradaban dan budayanya hampir sama, katanya.
Ada inisiatif dari pengusaha daerah ini untuk memamerkan kain songket asli Bali hasil rancangan terbarunya dengan bahan baku yang terbaik ke negeri matahari terbit itu, tentu untuk meningkatkan ekspor ke Jepang.
Sejumlah pengusaha aneka kerajinan pulau Dewata yang ambilbagian dalam pameran beberapa hari itu, terbang ke Tokyo, awal pekan yang dipimpin Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Bali, Drs IGN Sutedja bersama pejabat lainnya.
Pengusaha dan perajin Bali bergairah bisa mengikuti pameran ke negeri Sakura, mengingat realisasi ekspor aneka barang kerajinan dan nonmigas Bali lainnya di awal 2007 mengalami peningkatan yang cukup berarti.
Realaisasi ekspor nonmigas Bali ke Jepang kuartal I-2007 mengalami kenaikan dengan angka mendekati seratus persen dari bernilai US$11,2 juta AS selama Januari-April 2006 menjadi seharga US$21 juta perioda sama 2007.
Dengan adanya usaha eksportir daerah ini menampilkan berbagai jenis mata dagangannya termasuk songket di arena bergengsi di Tokyo, diharapkan perolehan devisa semakin bertambah besar di masa mendatang, harap Kusumawathi.

Tags: , , , ,

Leave a Reply

You can use these tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>